Notification

×

Iklan

Sering Meluber di Kawasan Padat Penduduk, Pemkab Lumajang Segera Normalisasi Sungai Kali Asem

26 Apr 2024 | April 26, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-26T05:55:06Z
Sungai Kali Asem. Foto: ist


Lumajang - Setelah selama beberapa hari terakhir sungai Kali Asem meluber dan menyebabkan banjir di kawasan kota yang padat penduduk, Pemerintah Kabupaten Lumajang akan menormalisasi sungai itu. 


Diterangkan Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni melalui portal resmi Pemkab, pihaknya telah membuka jalan bagi alat berat.


"Alat berat sudah siap, tapi masih menuju ke hulu terlebih dahulu. InsyaAllah, akan segera dikerahkan menuju ke sini (Jembatan Jagalan Jogoyudan, red),” terang Yuyun, sebutan akrab Pj. Bupati Lumajang, dilansir dari laman Pemkab pada Jumat (26/4/2024).


Dijelaskannya pula, target penyelesaian normalisasi sungai yaitu empat bulan. Mulai dari aliran yang melintas di wilayah perkotaan, hingga arah DAM Boreng.


Selain itu, masih katanya, langkah pencegahan banjir berikutnya adalah dengan membuat bronjong darurat dari karung pasir dan sesek bambu. Upaya ini sudah dilakukan sebab tanggul di Kali Asem jebol.


"Kami juga telah melakukan perbaikan tanggul bantaran sungai yang rusak. Saat ini, tanggul tersebut diperkuat dengan sak pasir sementara, dan nantinya akan dipasang sesek untuk memperkuatnya dan mencegah terulangnya banjir,” pungkasnya. (tim)

×
Berita Terbaru Update