Notification

×

Iklan

Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadhan Bakal Digelar Kemenag Hari Ini

10 Mar 2024 | Maret 10, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-10T05:49:45Z
Ilustrasi rukyatul hilal. Foto: ist


Jakarta - Sidang isbat penetapan 1 Ramadhan 1445 Hijriah akan digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada Minggu (10/3/2024).


Rencananya, sidang isbat dijadwalkan akan digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta Pusat.


Keputusan sidang isbat ini akan diambil berdasar hasil pantauan atau rukyatul hilal yang digelar di 134 lokasi di seluruh Indonesia. 


Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan sidang isbat akan digelar secara hybrid, yakni online dan offline.


"Sidang isbat ini merupakan layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” ucap Kamaruddin dalam keterangannya.


Nantinya, imbuh Kamarudin, sidang isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag, serta dihadiri oleh perwakilan ormas Islam, dan duta besar negara sahabat. Termasuk juga Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Komisi VIII DPR RI.


Selain itu, sidang isbat itu juga akan melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).


"Keputusan pada sidang isbat ini, menjadi pedoman bagi pemerintah untuk menetapkan 1 Ramadhan 2024 jatuh pada hari apa," pungkasnya. (red)

×
Berita Terbaru Update