Notification

×

Iklan

Jawa Timur Jadi Provinsi Paling Populer untuk Wisatawan Nusantara

8 Mar 2024 | Maret 08, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-09T13:10:18Z

Jakarta - Data terbaru dari Badan Pusat Statistik menunjukkan tingginya pergerakan wisata domestik di Indonesia dan antusias terhadap keindahan lokal yang ada.

BPS menyebut peningkatan yang terjadi cukup signifikan dengan jumlah kunjungan wisatawan Nusantara atau wisnus ke berbagai daerah pada semester I-2023. Pada semester tersebut menunjukkan presentase naik 12,57% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara, mayoritas dari mereka yang melakukan perjalanan liburan ialah memilih berlibur ke daerah Pulau Jawa dengan presentase 74,33 persen dan daerah asal terbanyak dari Jawa Timur dengan jumlah 115,91 juta perjalanan.

Selain itu, Jawa Timur juga menjadi terpopuler.Wisatawan Nusantara memilih Surabaya sebagai kota terpopuler dengan kunjungan 10,06 juta.

Kemudian disusul Jawa Barat sebagai provinsi favorit kedua dan Bandung menjadi kota yang paling banyak dikunjungi. Berikutnya, disusul dengan Jawa Tengah yang menyumbang 5,72 perjalanan, Jakarta Pusat menjadi destinasi favorit dengan persentase kunjungan 6,94%.

Berikutnya, Banten dengan 4,8% kunjungan wisatawan domestik Kota Tangerang menjadi tujuan utama dengan catatan 6,11 juta perjalanan.

DI Yogyakarta yang memiliki daya tarik dari segi budaya dan sejarah memiliki 5,66 juta perjalanan. Sementara di luar pulau Jawa juga menarik wisatawan untuk berkunjung seperti di Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Bali. (red)

×
Berita Terbaru Update