Notification

×

Iklan

Peringati Hari Buruh 2024, Aksi Demo Bawa 5 Tuntutan

1 Mei 2024 | Mei 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-30T23:12:45Z
Jakarta - Peringatan Hari Buruh Internasional tahun 2024 kembali diperingati dengan aksi demonstrasi oleh para Buruh. Rabu, 1 Mei 2024 para buruh akan menggelar aksi demonstrasi ke Jakarta. Andi Gabi Nena Wea, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) mengatakan aksi kali ini diikuti hampir 50ribu buruh se-jabodetabek. Baik itu Banten hingga Bandung. Meski massa cukup ramai, Andi meyakini aksi demo akan berlangsung damai.

"Kita akan mengerahkan massa sampai estimasinya 48.300. Kita akan melakukan aksi besar dan damai," kata Andi.

Tidak hanya di Jakarta, aksi Mayday juga dilakukan di banyak wilayah di Tanah Air. Dimulai pukul 10.00 WIB kemudian dipusatkan di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat. Massa akan bergerak menuju Stadion Gelora Bung Karno pukul 13.00 WIB.

Lima tuntutan yang dibawa dalam Mayday 2024 adalah buruh meminta pemerintah mencabut Omnibus Law klaster ketenagakerjaan. Kedua, buruh menolak upah murah. Ketiga, perlindungan terhadap buruh migran harus ditingkatkan.

Kemudian keempat, menginginkan Kapolri agar membentuk unit khusus yang mengurus pidana ketenagakerjaan. Kelima, menolak aturan Outsourcing.

Aksi demo yang bakal digelar ini ditegaskan tidak ditunggangi oleh politisasi mengenai putusan Mahkamah Konstitusi terhadap sengketa Pemilu 2024.

"Saya tegaskan bahwa itu semua sudah selesai di MK. Konsentrasi May Day ini aksi murni perjuangan dan kesejahteraan buruh," tegasnya. (red)
×
Berita Terbaru Update