Notification

×

Iklan

Tersangka Pengoplosan Gas LPG Bersubsidi Diamankan di Pasuruan

13 Mar 2024 | Maret 13, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-13T15:09:29Z

 

Pengoplosan gas LPG bersubsidi dilakukan di Bangil Pasuruan

Pasuruan – Tersangka pengoplosan gas bersubsidi berhasil diamankan pihak kepolisian. Anggota Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Jatim membongkar praktik tersebut di Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Penyidik mengungkap tersangka berinisial S memindahkan isi gas dari LPG bersubsidi berukuran 3 kg ke dalam tabung non-subsidi yang kosong menggunakan kapasitas volume 5,5 kg, 12 kg dan 50 kg.

Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Luthfie Setiawan menambahkan untuk tabung berukuran 5,5 kg membutuhkan 2 tabung gas LPG bersubsidi 3 kg. Sementara untuk tabung kosong 12 kg membutuhkan 5 tabung gas LPG bersubsidi 3 kg. Kemudian tabung gas 50 kg membutuhkan 18 hingga 19 kg tabung gas LPG bersubsidi.

"Adapun kapasitas pembelian elpiji 3 kg setiap harinya sebanyak 270-300 tabung elpiji 3 kg. Dia sudah melakukan aksinya sejak bulan November 2023 hingga tanggal 30 Januari 2024," ungkapnya.

Pengoplosan itu dengan cara tabung gas LPG bersubsidi direndam menggunakan air panas di sebuah ember dengan cuaca sedang dingin. Tersangka memindahkan isi gas menggunakan pipa dengan bahan logam dan disuntikkan di bagian karet tabung.

"Setelah gas dipindahkan, tersangka memberi tutup segel, yang diperoleh dengan membeli di toko online melalui Shopee pada tabung yang berisi gas tersebut dan tabung elpiji siap diedarkan atau dijual," imbuhnya.

Dari perbuatannya tersebut, tersangka mendapat keuntungan rata-rata 10 juta rupiah karena tabung gas LPG oplosan dijual di sejumlah toko kelontong di kawasan Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya.

Sementara itu, pihak kepolisian juga masih mengejar tersangka lain berinisial N yang diduga menyediakan pasokan LPG subsidi 3 kg untuk pengoplosan.

"Para tersangka sudah melakukan aksi ini 3 bulan ke belakang. Dan kami masih melakukan pengembangan yaitu lokasi pembelian elpiji 3 kg yang ada di Sidoarjo (sebab pasokan awal), kami masih dalami lokasinya," pungkasnya. (red)

 

×
Berita Terbaru Update