Notification

×

Iklan

Kritik Elon Musk dan Jeff Bezos, Barack Obama: Harusnya Fokus pada Penyelamatan di Bumi

16 Mar 2024 | Maret 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-15T21:25:24Z
Jakarta - Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengkritik Elon Musk dan Jeff Bezos yang disebut ingin membangun koloni di luar angkasa termasuk Planet Mars.

Menurut Barack Obama, bumi tetap menjadi tempat tinggal terbaik dan lebih layak jika dibandingkan dengan planet Mars. Pihaknya menyayangkan taipan di Silicon Valley berinvestasi dengan menerbangkan manusia ke antariksa daripada fokus dengan penyelematan bumi.

"Ketika saya mendengar beberapa orang berbicara tentang rencana untuk menjajah Mars karena lingkungan Bumi mungkin sudah sangat terdegradasi sehingga tidak dapat ditinggali, saya melihat mereka dan bertanya-tanya, apa yang Anda bicarakan?" kata Obama.

"Bahkan setelah perang nuklir, Bumi akan lebih layak huni dibandingkan Mars, bahkan jika kita tidak melakukan apa pun terhadap perubahan iklim, Bumi masih memiliki oksigen. Sejauh yang kami tahu, Mars tidak memilikinya," imbuh Obama.

Pengembangan eksplorasi luar angkasa memang harus berlanjut tetapi menyangkut relokasi manusia keluar angkasa adalah hal berbeda. Pihaknya lebih menyukai gagasan untuk berinvestasi di bumi, menjaga planet manusia ini.

"Kita dirancang untuk tempat ini, dan akan lebih baik jika kita menjaga tempat ini agar tetap layak huni," tegasnya.

Sebelumnya, Elon Musk pernah mengatakan bahwa ia ingin mengirim jutaan manusia ke Mars pada tahun 2050. Menurutnya, ada kemungkinan besar bahwa manusia mendarat di Mars dalam dekade berikutnya.

Sedangkan Jeff Bezos dengan perusahaan Blue Origin miliknya berencana untuk menguji perdana mega-roketnya sendiri, New Glenn, Agustus 2024 ini. Roket miliknya disebut bisa bersaing dengan Starship dari SpaceX untuk rencana NASA kembali ke bulan sebelum menuju ke Mars. (red)
×
Berita Terbaru Update