Notification

×

Iklan

Eksplorasi Laut di Palung Jawa, Indonesia Jalin Kerjasama dengan China

23 Mar 2024 | Maret 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-23T19:26:54Z
Eksplorasi laut dalam di Palung Jawa. Foto: ist


Jakarta - Indonesia menjalin kerjasama dengan China dalam bidang eksplorasi laut dalam di Palung Jawa yang memiliki kedalaman 7.140 meter. Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan kolaborasi ini bisa menjadi katalis dalam mengungkap potensi tersembunyi dasar laut Indonesia. Selain itu, menurutnya ini menjadi momen bersejarah karena bisa menjelajahi wilayah Tanah Air paling dalam.

"Mungkin nantinya kita bisa menemukan jenis material baru untuk pengobatan, atau bahkan biota baru," kata Luhut.

Dengan kondisi Indonesia yang 75 persennya adalah laut, kesempatan untuk mengeksplor makin besar. Sebab hanya 19 persen saja yang sudah dipetakan. Seperti misalnya Laut Banda yang memiliki kedalaman hingga 7.440 meter atau hampir setinggi gunung Gunung Everest yang disebut menjadi gunung tertinggi di dunia.

"Sebanyak 62 persen penduduk Indonesia tinggal di wilayah pesisir dan sebagian besar termasuk dalam kategori miskin. Oleh karena itu, kami berupaya keras untuk mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah di wilayah tersebut, salah satunya melalui pengembangan rumput laut," ungkapnya.

Menurut Luhut, Indonesia memiliki kekayaan potensi laut dalam. Ia mencontohkan 

Kolaborasi ini berfokus pada sektor pendidikan dan akademik yang mana juga kerja sama antara Institut Pertanian Bogor dan Universitas Indonesia dalam meningkatkan SDM.
Luhut juga menegaskan bahwa kerja sama atau kolaborasi bisa dilakukan dengan negara mana saja asal membawa kebaikan untuk Indonesia. (red)
×
Berita Terbaru Update