Notification

×

Iklan

Pemprov Jatim Akan Segera Perbaiki Infrastruktur yang Rusak Akibat Banjir di Lumajang

24 Apr 2024 | April 24, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-24T02:25:47Z

 

Salah satu jembatan yang rusak akibat diterjang banjir di Lumajang. Foto: doc

Surabaya – Pasca banjir yang menerjang beberapa wilayah Kabupaten Lumajang pada Kamis (18/4/2024) kemarin, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) akan segera melakukan perbaikan sejumlah infrastuktur yang rusak.

Diungkapkan Gatot Soebroto Kepala Pelaksana BPBD Jatim, sejumlah infrastuktur vital di daerah tersebut mengalami kerusakan pasca banjir. Menurutnya, 18 jembatan dan satu DAM tanggul akan menjadi prioritas perbaikan dalam beberapa waktu ke depan.

Dikatakan Gatot pula, laporan kerusakan infrastuktur itu sudah didata oleh pihaknya. Kemudian akan diteruskan ke Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim untuk dilakukan asesmen dan pengalokasian anggaran.

“Namun kami masih melihat dulu dari 18 jembatan itu, tiga yang menggunakan anggaran dari Pemprov Jatim sedangkan sisanya akan menggunakan anggaran Kabupaten Lumajang dan BNPB,” kata Gatot, Rabu (24/4/2024).

Meski sebagian pagu anggaran akan ditanggung Pemkab Lumajang untuk pembangunan infrastuktur, namun Gatot menyebutkan jika Pemprov Jatim siap membackup apabila anggaran itu tidak mencukupi.

Dijelaskannya pula, salah satu infrastuktur yang akan segera dibenahi adalah DAM yang ada di Mujur Kecamatan Candipuro. “Ini kami masih melihat dulu dari BPWS Brantas apa sudah dianggarkan atau tidak jangan sampai ada dobel anggaran,” terangnya.

Sedangkan beberapa jembatan rusak itu antara lain tersebar di Kecamatan Candipuro, Pronojiwo, Sumbersuko, Pasirian, dan Padang.

Gatot juga menyatakan, bahwa Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono mentargtekan estimasi waktu pengerjaan selama 1,5 bulan.

“Target ini dimulai sejak beberapa hari lalu, maka kurang 5 minggu lagi harus sudah mulai dikerjakan,” pungkasnya. (tim)

×
Berita Terbaru Update