Notification

×

Iklan

Kisah Penjual Cilok Asal Jember Jatim Berangkat Haji Naik Sepeda Motor

24 Apr 2024 | April 24, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-24T14:05:55Z
Damam Huri saat akan berangkat dari Jember menuju Tanah Suci. Foto: ist


Jember - Damam Huri, warga Desa Menampu, Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember, Jawa Timur berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekah mengendarai sepeda motor.


Pria yang sehari-hari bekerja sebagai penjual cilok ini mulai melakukan perjalanan menuju Tanah Suci pada Minggu (21/4/2024) malam kemarin.


Keberangkatan pria berusia 50 tahun itu, dilepas oleh puluhan warga desanya. Puluhan warga turut mengantarkan Damam Huri hingga di depan Masjid Al-Fatah Kecamatan Kencong Jember.


Selama perjalanannya, Damam mengenakan jaket hitam kombinasi hijau dengan mengendarai sepeda motor Honda Astrea Grand.


"Niat berangkat ke Mekah naik sepeda motor ini, karena kami sebagai orang kecil kalau daftar haji di negara terlalu lama, malah bisa-bisa tidak sempat menjalankan Rukun Islam yang ke-5," kata Damam Huri kepada sejumlah wartawan yang menemuinya, Rabu (24/4/2024) di daerah Kendal Jawa Tengah.


Menurutnya, beberapa persiapan yang dibawanya yakni, pakaian untuk keperluan sholat selama di perjalanan serta memastikan kondisi kendaraan.


"Mudah-mudahan sepeda motor tidak terjadi apa-apa di jalan dan semua berjalan lancar. Jadi mohon doa restu dari keluarga, saudara dan santri terutama daerah Desa Menampu Kecamatan Gumukmas," ujar Damam.


Damam juga mengaku, sebenarnya keluarga memintanya agar naik pesawat untuk menunaikan ibadah haji agar lebih cepat dan aman. Namun, dia memilih menggunakan jalur darat.


"Karena dulu ada kakek dan buyut saya yang berangkat ke Mekah berjalan kaki. Sehingga saya siap untuk naik motor ke Mekah," jelasnya.


Damam mengatakan, di awal perjalanannya, dia akan menuju Mabes Polri di Jakarta untuk meminta surat ijin perjalanan Internasional.


"Ini tinggal di Mabes saja, karena surat perjalanan saya sudah lengkap, baik dari Polres Jember atau dari Polda Jawa Timur," tutur Damam.


Damam lantas memprediksi, dari Jember, dia butuh waktu sekitar 35 hari untuk bisa sampai di Kota Mekah Saudi Arabia.


"Kalau tidak ada kendala, ya bisa 40 hari sampai di Mekah. Sementara untuk pulangnya bisa tiga bulan hingga empat bulan sampai di rumah lagi, setelah menunaikan ibadah haji," terangnya.


Damam lantas menjelaskan, nanti akan melakukan penyeberangan laut dengan kapal dari Jakarta menuju Pulau Sumatera. Kemudian naik sepeda motor lagi menuju Kota Dumai Kepulauan Riau.


Lalu dari Dumai naik kapal lagi menuju Singapura. Terus naik sepeda motor lagi, lalu dari Singapura lewat kapal laut menuju Pakistan, tembus di Oman.


"Ini adalah perjalanan panjang pertama saya, karena ini yang saya idamkan sejak dulu. Alhamdulillah dapat dukungan dari keluarga dan juga warga," pungkasnya. (tim)

×
Berita Terbaru Update