Notification

×

Iklan

Hujan Deras Berintensitas Tinggi Guyur Lumajang, Akibatkan Banjir dan Longsor di Beberapa Kecamatan

18 Apr 2024 | April 18, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-18T16:39:45Z
Banjir menggenangi rumah warga. Foto: red


Lumajang - Hujan dengan intensitas tinggi sejak sore hingga malam, yang mengguyur wilayah kabupaten Lumajang pada Kamis (18/4/2024) menyebabkan banjir dan longsor di beberapa lokasi.


Beberapa lokasi tersebut yakni kecamatan Pronojiwo, Candipuro, Pasirian, Sumbersuko dan kawasan kota.


Tak hanya itu, beberapa jembatan juga dikabarkan putus akibat terjangan banjir. Diantaranya jembatan yang ada di desa Gondoruso kecamatan Pasirian dan jembatan di desa Purwosono kecamatan Sumbersuko.

Air melewati atas jembatan di singai Kaliasem kelurahan Johoyudan. Foto: red


Sementara itu, di Kaliasem yang berada di kelurahan Jogoyudan, debit air sungai sangat tinggi hingga melewati atas jembatan. Akibatnya, puluhan rumah mengalami kebanjiran.

Satu Orang Tewas

Dari pantauan di kawasan Pronojiwo, 1 orang tewas dinyatakan meninggal dunia akibat longsor yang menimpa rumah korban.


Menurut informasi di lapangan, longsor menimpa rumah Faktur saat hujan deras terjadi. Akibatnya, istri dari Faktur tertimbun longsoran tanah yang merobohkan tiang listrik itu.


Sedangkan di kawasan Candipuro, ratusan orang mengungsi di beberapa lokasi yang lebih tinggi akibat meluapnya sungai Regoyo.

Di jalur penghung Lumajang-Malang melalui Piket Nol, juga ditutup total akibat longsor. Untuk masyarakat Lumajang yang akan menuju Malang atau sebaliknya, diharapkan lewat jalur Pantura Probolinggo.

Hingga berita ini ditayangkan, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah bersama tim yang lain masih melakukan penanganan dan evakuasi warga. Sehingga belum ada data resmi yang dikeluarkan pihak terkait, atas bencana yang terjadi di Lumajang itu. (her)

×
Berita Terbaru Update