Notification

×

Iklan

Gunung Semeru Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi Hingga 1000 Meter

9 Apr 2024 | April 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-09T13:31:48Z
Gunung Semeru lontarkan awan panas. Foto: PVMBG


Lumajang - Gunung Semeru melontarkan abu vulkanik hingga satu kilometer di atas puncak Mahameru pada Selasa (9/4/2024).


Berdasarkan laporan petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, tercatat erupsi gunung aktif yang berada di perbatasan Lumajang dan Malang, itu pada Selasa sebanyak tiga kali hingga pukul 15.00 WIB yakni pukul 06.17 WIB, kemudian 07.51 WIB, dan pukul 10.34 WIB.


“Gunung Semeru erupsi pada hari Selasa 9 April 2024 pukul 06.17 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.000 meter di atas puncak,” kata Ghufron Alwi Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru dalam laporan tertulisnya di Lumajang, dikutip Antara.


Menurutnya, Gunung Semeru masih berstatus Siaga atau Level III, sehingga Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memberikan rekomendasi bahwa masyarakat dilarang melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara, di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).


Di luar jarak tersebut masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.


Masyarakat juga dilarang beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah/puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (material pijar).


"Masyarakat juga diimbau mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai yang airnya berhulu di puncak Gunung Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar di sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan," tulisnya. (ant/snc)

×
Berita Terbaru Update