Notification

×

Iklan

Rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara Tingkat Provinsi Jatim Tuntas Dilaksanakan

12 Mar 2024 | Maret 12, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-11T21:25:11Z


Surabaya - Rapat pleno mengenai rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam Pemilu 2024 tingkat KPU Provinsi Jawa Timur telah tuntas atau selesai digelar. Rapat dilaksanakan pada Senin (11/3/24) pukul 04.30 WIB di Hotel Shangrillah.

Aang Kunaifi, Ketua KPU Jawa Timur, mengatakan, hasil rekapitulasi di hari terakhir ini juga telah menuntaskan rapat pleno provinsi untuk 11 daerah pemilihan DPR RI. Juga untuk 14 daerah pemilihan DPRD Provinsi, pemilu presiden dan wakil presiden, dan daerah pemilihan pemilu perseorangan DPD.

KPU Jatim merilis pleno rekapitulasi dengan jumlah suara sah sebanyak 25.644.060. Untuk suara tidak sah sebanyak 895.661 dan total daftar pemilih tetap (DPT) Jatim adalah 31.402.838.

"Alhamdulillah hari ini terakhir kita menyelenggarakan rekapitulasi tingkat provinsi dan 38 kabupaten/kota sudah selesai membacakan hasil rekapitulasi,” ujar Aang. 

Dari data yang ada, Aang mengungkapkan bahwa angka partisipasi pemilih di Jatim  melampaui target yang ditetapkan oleh KPU RI.

Sebelumnya, target partisipasi pemilih di Jatim adalah 77,5 persen. Namun, pemilu tahun ini angka partisipasi tersebut naik menjadi 84,5 persen. Melampaui dari apa yang ditargetkan.

Selama proses rapat pleno digelar hingga selesai tak ditemukan masalah berarti hingga bisa menyelesaikan sesuai dengan jadwal.

“Ya memang sesuai target jadwal tahapan ada spare waktu dan kita mulai tanggal 3 Maret kemarin dan alhamdulillah tanggal 10 Maret ini bisa kami selesaikan,” jelasnya.

Rapat pleno diwarnai dengan banyaknya interupsi dari saksi yang hadir dan masih dalam tahap wajar. Hasil tersebut akan disampaikan pada rapat pleno KPU RI. Menurutnya, rekapitulasi nanti di tingkat nasional tak menutup kemungkinan ada respon bahkan koreksi terkait proses penghitungan suara. (red)
×
Berita Terbaru Update