Notification

×

Iklan

Sopir-sopir di Terminal Unsur Kota Pasuruan Jalani Tes Urine

5 Apr 2024 | April 05, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-05T13:48:58Z
Pasuruan - Tidak hanya prosedur ramp check yang dilakukan sebagai persiapan arus mudik lebaran. Tetapi juga meminimalisir human error agar tidak terjadi kecelakaan dengan serangkaian tes yang harus diikuti oleh para sopir.

Sebanyak 15 sopir yang ada di terminal Untung Suropati menjalani tes urine pada Rabu (3/4/24). Hasilnya, ke 15 sopir tersebut bebas dari pengaruh minuman keras dan narkoba.

Iptu Rio Sagita, Kanit Turjawali Satlantas Polres Pasuruan Kota mengatakan, tes urine ini dilakukan sampai tanggal 16 April 2024 yang merupakan arus balik Lebaran. Selain tes urine, petugas juga melakukan ramp check untuk mencegah laka lantas saat arus mudik ataupun balik lebaran.

“Dan bukan hanya kendaraannya yang diperhatikan, sopirnya juga. Karena itu, ada tes urine untuk memastikan mereka tidak dalam pengaruh alkohol,” terang Rio.

Faktor yang seringkali menjadi penyebab kecelakaan adalah human error atau sopir mengantuk. Meski mengantuk adalah hal lumrah namun faktor lain patut diperhatikan seperti pengaruh alkohol atau narkoba. Sopir juga dilarang mengebut selama berkendara.

“Yang memeriksa dari Dishub dan TNI/Polri, sekitar 20 personel,” ujarnya.

Apabila ada pelanggaran dari beberapa ketentuan itu, penumpang bisa melapor. (red)
×
Berita Terbaru Update