Notification

×

Iklan

WhatsApp Kini Tak Bisa Screenshot Foto Profil Pengguna Lain

14 Mar 2024 | Maret 14, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-14T16:04:34Z

 

Ikon aplikasi WhatsApp. Foto: doc

 

Jakarta – Setelah sebelumnya, WhatsApp sudah lebih dulu memblokir kemampuan men-download foto profil  Kini, pengembang aplikasi WhatsApp (WA) juga meluncurkan kemampuan baru yang melarang pengguna menyimpan foto profil akun pengguna lain dengan metode tangkap layar (screenshot).

Sebelumnya, langkah memblokir kemampuan men-download foto profil, dinilai tak cukup efektif. Alhasil, kemampuan screenshot profil WhatsApp juga turut diblokir.

Pemblokiran screenshot foto profil WhatsApp sudah diuji coba sejak Februari 2024 lalu. Hal tersebut pertama kali diungkap forum developer WABetaInfo.

Tingkatkan Keamanan Privasi

Tujuan dari pelarangan screenshot foto profil adalah meningkatkan keamanan privasi pengguna. Sebab, makin marak kekhawatiran soal keamanan media digital. Salah satunya adalah pencurian identitas seseorang untuk menjalankan aksi penipuan.

Saat ini, kemampuan tersebut sudah tersedia untuk semua pengguna. SmashNews mencoba meng-screenshot profil WhatsApp, tetapi sudah tak bisa. "Tidak dapat mengambil tangkapan layar. Mengambil screenshot tidak diizinkan oleh aplikasi atau organisasi," begitu keterangan yang tertulis pada antarmuka WhatsApp saat mencoba screenshot foto profil orang lain, pada Kamis (14/3/2024).

Pemblokiran ini hanya berlaku ketika pengguna membuka foto profil WhatsApp orang lain secara penuh. Namun jika menekan foto profil WhatsApp orang pada daftar chat, foto hanya muncul sebagian dan masih bisa di-screenshot. Dengan pelarangan screenshot foto profil, WhatsApp diharapkan bisa memberikan lapisan keamanan lebih untuk menghindari aksi eksploitasi. (red)

 

×
Berita Terbaru Update