Notification

×

Iklan

Tiga Tipe Rest Area Dipersiapkan Selama Mudik, BPJT: Maksimal 30 Menit Agar Tidak Terjadi Antrean

31 Mar 2024 | Maret 31, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-31T07:45:25Z

Jakarta - Tempat istirahat dan pelayanan (TIP) tol atau rest area selama mudik lebaran saat ini tengah dipersiapkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR. Pemanfaatan rest area untuk pemudik adalah maksimal 30 menit demi mencegah penumpukan kendaraan.

"Diimbau kepada para pemudik untuk jangan terlalu lama di TIP paling tidak 30 menit beristirahat di rest area menghindari terjadinya penumpukan kendaraan. Selain itu disarankan kepada pemudik dapat menggunakan TIP sementara yang ada di sekitar area kantor gerbang tol," ujar Tulus Abadi, Anggota BPJT Unsur Masyarakat.

Jika rest area yang dimaksud terlihat penuh, maka pemudik sebaiknya keluar terlebih dahulu ke jalan arteri untuk mencari rest area terdekat lainnya agar tidak terjadi antrean panjang.

Saat ini total TIP adalah 134 unit yang sudah beroperasi dengan layanan Tipe A, B dan C sesuai dengan fasilitas yang ada di dalamnya.

Bagi pemudik yang melewati Tol Trans Jawa, ada 60 TIP dengan 41 TIP Tipe A, 21 TIP untuk Tipe B, dan 2 TIP Tipe C. Sementara untuk TIP di Jalan Tol Jabodetabek dan Non Trans Jawa berjumlah 22 TIP dengan 18 TIP Tipe A, 2 TIP untuk Tipe B dan 2 TIP Tipe C.

Kemudian untuk TIP Tol Trans Sumatera berjumlah 38 unit, di antaranya 22 Tipe dan 7 TIP Tipe B, sementara 9 TIP dengan Tipe C. TIP di Jalan Tol untuk Pulau Kalimantan adalah 2 TIP Tipe A dan TIP di Jalan Tol untuk Pulau Sulawesi berjumlah 2 TIP dengan Tipe C.

Sebagai informasi, rest area dengan Tipe A yang dimaksud adalah area yang lebih luas, fasilitas umum yang lengkap seperti Toilet, SPBU, ATM, bengkel, minimarket, klinik kesehatan, restoran, mushola hingga ruang terbuka hijau.

Sementara rest area untuk Tipe B memiliki area yang lebih kecil daripada Tipe A dengan fasilitas rest area seperti ATM Center, kios, minimarket, restoran, tempat parkir, mushola dan ruang terbuka hijau.

TIP dengan tipe C memiliki area yang paling kecil yakni antara dua tipe A dan B seperti tempat parkir sementara, kios, mushola, toilet, warung dan dioperasikan hanya saat-saat tertentu seperti libur lebaran atau libur panjang.
×
Berita Terbaru Update